Bahaya Wortel Bila Dikonsumsi Berlebihan




Buah wortel memang mempunyai banyak manfaat bagi kita. Tapi tahukah Anda bahaya wortel jika dikonsumsi berlebihan? Benar, jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan maka efek samping wortel akan bekerja pada tubuh Anda. Penyakit ini biasa disebut dengan Carotenesis. Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak yang mengkonsumsi makanan atau sayuran yang mengandung karoten tinggi salah satunya adalah wortel. Karoten tersebut membuat kulit berwarna kekuning-kuningan yang merupakan warna dari karoten.
Biasanya efek ini muncul pertama kali pada hidung atau telapak tangan. Selain kulit, karoten akan mengubah warna feses dan urin pada saat kita membuang kotoran tersebut.
Berita gembiranya, untuk mengobatinya sangat mudah terutama pada anak-anak yaitu dengan menghentikan konsumsi wortel dan makanan lain yang mengandung karoten maka warna kulit akan menjadi normal kembali.
Walaupun tidak berbahaya, sebuah studi menyebutkan bahwa perokok yang mempunyai karoten berlebih akan mudah terserang kanker paru-paru. Bahaya wortel yang lain adalah sangat rentan bagi dokter melakukan salah diagnosis antara Carotenesis dengan penyakit kuning.

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Artikel Wortel Sinopsis By Drama Korea | Blogger Templates